Penjelasan Umum Paguyuban Kulowarga Kapribaden Surakarta

PENJELASAN UMUM

 

Sebagai mana diketahui bahwa ilmu KAPRIBADEN yang bersumber pada “ SEJATINING PRIBADI” sudah meluas di hayati oleh orang-orang di seluruh daerah kepulauan Indonesia, bahkan sampai ke luar Indonesia. Tidak hanya bangsa Indonesia asli saja yang mempelajari ilmu “ KAPRIBADEN” tetapai juga orang-orang Tionghoa dan Belanda banyak yang mempelajari ilmu ini, bahkan sudah ada sebagian yang sudah dapat mencapai sempurna.

Sekalipun ilmu “KAPRIBADEN” ini di hayati dan di pelajari oleh beribu-ribu orang, tetapi ternyata sampai saat ini masih belum ada kesatuan atau keseragaman gerak tata cara patrap berlatih semedi maupun tata gerak martabat. Bahkan masih terasa belum adanya suatu petunjuk atau tuntunan-tuntunan maupun metode-metode yang praktis bagaimana mempercepat atau memperlancar PARING PANGANDIKANE SEDULUR(istilah khusus) atau dapat cepatnya bisa bertemu dan wawancara (pangandikan) dengan Sejatining Pribadi atau Guru sejati.

            Sebab, tujuan pokok dari Ilmu Kapribaden ini adalah bagaimana kita bisa bertemu dan Pangadikan langsung dengan Sejatining Pribadi atau Guru Sejati untuk mencapai Kasampurnan

 

WADAH :

 

Melihat Kenyataan bahwa masih belum adanya suatu metode tersebut diatas, yang sangat menghambat kemajuan dan kesempurnaanya ilmu Kapribaden ini, maka di pandang perlu adanya suatu organisasi atau wadah yang bisa menampung dan melakukan pengamatan dan penelitian “Kapribaden” ini sampai sesempurna mungkin,(research) secara ilmiah untuk kesempurnaan ilmu dan bisa menemukan suatu metode yang praktis – mudah – meyakinkan.

Lebih adanya suatu kenyataan bahwa dari sekian banyak penganut-penganut ilmu “Kapribaden” yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia ini, masih belum saling mengenal satu dengan yang lain, dan belum pernah saling bertemu satu sama yang lain sehingga berakibat sangat sulit untuk dapat di ketahui, sampai, sampai seberapa banyak para penganut ilmu “Kapribaden” ini, sampai dimana pemanfaatan ilmu ini untuk kepentingan masyarakat dan kemanusiaan.

Hal ini adalah di sebabkan karena “Belum adanya suatu wadah” yang mampu menampung para penganut-penganut tersebut.

Karena itu pada saat ini sangat di pandang perlu segera adanya dan terwujudnya wadah tersebut. Diatas, demi menampung segala kepentingan warga kapribaden, dan demi berkembangnya atau kelanjutan hidupnya ilmu “Kapribaden” ini sampai sesempurna-sesempurnanya.

Sedang bagaimana bentuk dan sifat dari wadah ini adalah terserah kepada para warga/penganut ilmu Kapribaden itu sendiri. Apakah berbentuk Paguyuban atau Persatuan Keluarga, Perserikatan, ini adalah bukan suatu prinsip, Yang penting kita harus segera membuat suatu wadah –  kita berkumpul di suatu wadah ini. Kita bersatu dan rukun untuk bersama-sama mengolah ilmu Kapribaden menuju Kasampurnaan .Dengan persatuan yang kokoh dan dengan kerukunan  yang abadi, dengan semboyan crah agawe bubrah rukun agawe santosa maka kita harus memberanikan diri membentuk suatu wadah untuk kita masuki – kita tempati – kita hormati – kita jaga dan kita bina bersama-sama.

 

 

NAMA TEMPAT DAN SIFAT ORGANISASI

 

Nama dari Organisasi ini di sesuaikan dengan jiwa dari ilmu yang kita anut, dan merupakan suatu wadah yang bisa menampung kepentingan dan kerukunan warganya. Oleh karena itu di ambillah suatu nama “PAGUYUBAN” yang lengkapnya nama ini adalah ”PAGUYUBAN KULOWARGA KAPRIBADEN”.

 

Paguyuban berarti         : Persatuan dan kerukunan

Kulowarga berarti         : Sanak kadang

Kapribaden berarti       : Ilmu yang kita anut kita olah dan kita hayati

 

Arti lengkapnya adalah sebagai berikut : Suatu paguyuban atau perkumpulan keluarga/warga/sanak kadang yang menganut dan mengolah ilmu Kapribaden. Pusat paguyuban ini adalah di kota Surakarta, sedang di daerah-daerah dimana sudah ada warga yang menganut ilmu ini bisa di bentuk suatu cabang atau perwakilan.

Apa sebab Paguyuban ini di tetapkan di Surakarta, karena di sesuaikan dengan histori dari Ilmu ini yang bersumber dan berpusat di Surakarta, sehingga kita akan selalu berkeblat kepada SUMBERNYA, yaitu suatu sumber ilmu Kapribaden yang menjadi pancaran dari ilmu ini.

Organisasi ini bersifat = KHUSUS = dan terbuka untuk umum – khusus yang berarti hanya berusaha dan berkecimpung dalam Olah Raos dan kerukunan warga saja.

Organisasi ini adalah bukan organisasi Perguruan (Paguron) Organisasi ini adalah bukan organisasi ilmu klenik, dan bukan Padukunan.

Organisasi ini adalah bukan Ilmu mujijatan.

Organisasi ini adalah bukan organisasi Politik.

Tetapi adalah suatu Organisasi yang mempunyai sifat Raos Kapribaden dan bertujuan Ngudi Kasampurnan.

Adapun arti Kapribaden adalah :

  1. Percaya pada diri sendiri.
  2. Weruh lan mangerti sedulure pribadi, lan sejatine pribadi.
  3. Berjiwa dan bermental baik – jujur dan iklas beramal kebaikan.
  4. Bermartabat yang baik, tindak tanduk yang baik, mau menolong sesama umat, sepi ing pamrih dan mau mendarmakan ilmunya untuk kepentingan masyarakat dan kemanusiaan.
  5. Mau menghormati dan menghargai orang lain dan tidak berwatak Kumingsun.

 

Kasampurnan berarti :

Sampurnaning ilmu dan bisa menghayati ilmu ini sebaik-baiknya.

Sampurnaning Ilmu adalah :

Yang bisa menghayati ilmu itu dengan sempurna dan mau mengamalkan ilmunya dengan tulus dan ikhlas untuk kepentingan kemanusiaan tapi harus sepi ing pamrih.

 

TUJUAN

 

Paguyuban ini bertujuan untuk mempersatukan dan merukunkan para warganya dan memberi wadah para warga penganut ilmu Kapribaden yang berintikan :

  1. Persatuan dan Kesatuan.
  2. Kerukunan lebih mempererat persaudaraan.
  3. Gotong royong – tolong – menolong.
  4. Menjaga / meneruskan / meningkatkan ajaran-ajaran ilmu Kapribaden.
  5. Menyempurnakan cara-cara latihan, menyeragamkan tata cara patrap semedi martabat dan latihan-latihan demi kelangsungan hidup dan sempurnannya ilmu Kapribaden.
  6. Mengadakan penelitian lahir dan batin(raos) demi sempurnanya ilmu Kapribaden ini – dan mencari akibat dan sebab-sebab apa, ada yang lancar – ada yang macet – ada yang bisa tetapi lama waktunya, dapatnya pangandikan dengan pribadinya masing-masing (Sejatining Pribadi).Sekalipun masih harus pangandikan melalui pengasuh-pengasuhnya (4 anasir didalam badan)lebih dahulu.

 

KEANGGOTAAN

 

Anggota dari Paguyuban ini adalah terutama terdiri dari siapa saja yang sudah dan sedang menghayati atau mempelajari ilmu Kapribaden.

Berarti semua orang dengan tidak memandang bangsa – agama – golongan – tingkat – pangkat, yang mau dan setuju dengan ilmu Kapribaden ini bisa diterima menjadi anggota Paguyuban.

Kalau toh ada orang yang masih belum mengenal dan masih belum mempelajari ilmu Kapribaden ini, ingin masuk menjadi anggota Paguyuban, asal saja dengan ikhlas dengan itikat baik dan dengan keyakinan menyetujui adanya Paguyuban ini, termasuk menyetujui AD (Anggaran Dasar) dan ART. (Anggaran Rumah Tangga), bisa diterima dangan baik menjadi anggota.

Lebih tegasnya dijelaskan disini bahwa dengan tidak membedakan bangsa – agama – derajat – pangkat – semat, semua orang yang sehat fikirannya dapat diterima masuk menjadi anggota Paguyuban Kulowarga Kapribaden ini.

 

USAHA-USAHA/PEMBINAAN

 

Untuk menjaga dan membina kesuburan hidupnya Paguyuban ini, kita laksanakan usaha-usaha sebagai berikut :

  1. Sering diadakan sarasehan-sarasehan / musyawarah-musyawarah dan ceramah-ceramah ilmu Kapribaden.
  2. Meningkatkan latihan-latihan bersama untuk mengolah ilmu Kapribaden.
  3. Kunjung mengunjung sesama anggota.
  4. Tolong-menolong sesama anggota lahir dan batin.
  5. Menambah kunci-kunci ilmu “Kapribaden”.
  6.  Mengadakan usaha-usaha yang bersifat sosial.

 

PENUTUP

 

Dengan uraian-uraian dan penjelasan-penjelasan tersebut diatas,jelaslah kiranya tentang maksud dibentuknya wadah yang diberi nama : PAGUYUBAN KULOWARGA KAPRIBADEN ini, untuk dapat diketahui dan di fahami sebaik-baiknya agar cara kita menelaah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ini bisa mantap dan meyakinkan, demi suksesnya Paguyuban dan demi berkembangnya ilmu”Kapribaden” yang kita anut untuk menuju ”KASAMPURNAN”.

Sehingga dengan hati yang sreg – dengan perasaan puas – dan dengan pengertian yang mantap dan jelas, dengan penuh kesadaran dan keyakinan, tidak ada rasa was-was, kita bersama-sama membuat suatu wadah untuk kita masuki dan kita bina bersama dengan bersemboyan :

”BERSATU KITA TEGUH, BERCERAI KITA RUNTUH”.CRAH AGAWE BUBRAH, RUKUN AGAWE SANTOSA.

 

 

 

        Surakarta, 31 Agustus 1975

                   Penyusun

 

 

               ( SOEDARSO )

                     Ketua II

~ oleh kulowargokapribaden pada November 26, 2007.

15 Tanggapan to “Penjelasan Umum Paguyuban Kulowarga Kapribaden Surakarta”

  1. kebatinan…..ayo..2 mari kita uri kebudayaan ini…..dan kita olah rasa kita, sehingga kita bisa berbicara pada saudara kita…….aluamah,amarah,supiah, mutmainah, sukma sejati…..

  2. untuk lebih jelasnya anda bisa telp Bp. Tawar sebagai ketua di paguyuban ini, telp 0271-721980 HP. 08562517668

  3. bagi pengunjung yang mau menanyakan tentang Paguyuban Kulowargokapribaden bisa telp. ke Bp. Tawar Susanto

  4. sugeng rahayu
    Dumateng bpk Tawar mbok bilih angsal kulo bade mundut perso,
    menopo Paguyuban Kapribaden sampun wonten teng ngayogyokarto,
    mbok bilih sampun wonten kulo nyuwun alamat ipun.
    suwun

  5. Paguyuban Kulowarga kapribaden cuma wonten solo, menawi wonten pitakenan saget telpon langsung.ke Bp. Tawar Susanto

    Agus.

    Anggota Paguyuban

  6. Ing jakarta niku sampun wonten cabang kapribaden nopo mboten, Pak ?

  7. apakah kapribaden solo sm dgn kapribaden purworejo ajarany romo mono semono

  8. untuk ubo rampe semua itu, membutuhkan biaya berapa ?

    • untuk uborampe tergantung dari kebutuhan orang yang ikut masuk dalam keluargo kapribaden untuk dibuka goibnya.(mempertemukan sedulur pribadi yang akan dibuka). Akan lebih bagus bila saudara/bapak ada waktu sowan ke Solo/menghubungi ketua.

  9. kulowarga kapribaden Solo tidak sama dengan kapribaden purworejo

  10. sugeng enjing…

    sy mau bertanya ttg paguyuban ini, bagaimana cara mengakses AD ART dari paguyuban ini? Dan bagaimana cara menjadi keanggotaan paguyuban ini serta paguyuban ini sdh berdiri di kota mana sj? Terima kasih sblmnya

  11. rahayu poro kdang” ku nang ndi wae

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: